10 Cara Sederhana untuk Menentukan Apakah Anak Anjing Anda Sehat?

Wah.. selamat ya.. Anda sudah siap untuk mempunyai anggota keluarga baru..

Tapi ingat beberapa hal berikut saat Anda membeli. Agar nantinya Anda tidak menyesal dan saling menyalahkan dengan penjual.

Dimana Anda membeli Anak Anjing tersebut? Pet Shop? Perorangan? Kennel? Apakah ada garansi dari mereka? apakah dapat di percaya?

Hal – hal sederhana untuk mengetahui apakah anak anjing tersebut dalam keadaan sehat?

1. Umumnya anak anjing akan memberikan respon positif jika Anda  dekati, atau seolah berbicara dengan mereka.. perhatikan baik – baik.. Anak anjing yang sehat akan bersemangat, tidak lemas atau terkulai. Bila ia sedang tidur, coba bangunkan pelan – pelan. lihat reaksinya. Anak anjing yang sehat umumnya lincah dan senang bermain.

Anak anjing yang sehat

2. Lihat matanya, mata harus bersih, tidak dipenuhi kotoran mata, tidak buram atau keruh.

3. Telinga, telinga harus dalam keadaan bersih, tidak bau, tidak kotor atau bernanah / ada cairan

4. Kulit : kulitnya  mulus, tidak ada luka – luka, borok atau merah – merah

5. Lihat sepintas anatomi / tubuh anjing tersebut, apakah kaki nya bengkok, pincang, dsb.

6. Lidah / Gusi : berwarna pink, bukan pink pucat atau kehitaman. kecuali untuk anjing tipe tertentu seperti chow – chow

Buku Vaksin

7. Tanyakan buku vaksinnya, perhatikan label vaksin, apakah sudah di tanda tangani oleh dokter hewan / stempel dokter hewan / klinik? (Pengalaman pribadi : Saat saya membeli Tekel, sudah di vaksin Parvo, orang petshop bilang agar bulan depan di vaskin lengkap, tapi baru seminggu sudah terkena Distemper).  Pastikan juga vaksin yang diberi minimal sudah 2 minggu, karena butuh waktu bagi tubuh si anak anjing agar vaksin tersebut dapat bekerja. Bila hari ini di vaksin, maka dalam beberapa hari kedepan masih ada peluang dia terkena penyakit.

8. Anak anjing sangat senang makan, lihat nafsu makannya.. bila dia tidak mau makan, cobalah lebih waspada, apakah sekedar kekenyangan atau sedang sakit

9. Hidung : normalnya hidung anjing agak basah / lembab, cairannya bening. Bila keluar cairan keruh atau berwarna kuning / hijau pertanda anak anjing tersebut tidak sehat.

10. Lihatlah “pup” (kotorannya) : Tidak boleh cair / mencret apalagi kalau berdarah. Walapun bila ia mencret belum tentu sakit, mungkin terjadi perubahan makanan, tetapi waspadalah daripada Anda menyesal

Bila Anda merasa ragu – ragu, sebaiknya kembali dalam beberapa hari kedepan. Jangan takut bila ternyata anak anjing tersebut sudah di beli orang lain. Bila dia ber “jodoh” dengan Anda, maka anak menjadi milik Anda. Atau Anda dapat membawa dokter hewan langganan untuk memeriksa. Atau tanyakan tentang garansi kepada si penjual. Ada yang memberikan sehari saja, ada yang seminggu, ada yang dua minggu, bahkan ada yang yang sampai 3 bulan kedepan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: