Perda & Pergub Larangan Merokok

Meskipun telah ada Perda/pergub larangan merokok di tempat – tempat tertentu.. KENYATAANNYA.. Masih banyak sekali saya mendapati pelanggaran mengenai perda tersebut,

sebagai contoh suatu siang saya dan teman – teman pergi ke suatu mall, kami menikmati makan siang di food court.. dengan jelas terpasang sticker BESAR sekali mengenai kawasan dilarang merokok.. Faktanya.. banyak sekali.. kalau saya hitung lebih dari 20 orang sedang asik2 menghisap rokok. Asap dimana – mana.. membuat sesak para pengunjung yang tidak tahan dengan asap rokok. Sungguh sangat disayangkan sekali bahwa di tempat umum, yang dimana terdapat banyak sekali orang yang tidak merokok, dipaksa untuk “menikmati” asap rokok tersebut.

Disini saya melihat :

1. Tidak ada kesadaran dari para perokok yang sengaja merokok di tempat tersebut.
2. Menganggap remeh aturan yang ada.
3. Hukum / peraturan yang kurang jelas sanksi nya.
4. Sifat cuek / tidak ingin ribut / tidak berani / enggan dari pengunjung lain yang tidak merokok.

hmmm sedih sekali melihatnya.. bahkan yang membuat sedih adalah salah seorang teman yang lulusan S2 luar negeri ternyata ikutan melanggar peraturan tersebut – walaupun telah saya ingatkan.

mungkin bagi sebagian orang hal tersebut tidak masalah.. bagi sebagian lagi sebenarnya asap rokok tersebut mengganggu, tapi.. ya sudah lah mau bilang apa. bagi sebagian orang lagi..”no commentlah – apalagi teman /saudara sendiri juga ikut merokok”. Saya sendiri juga merasa tidak banyak yang dapat saya lakukan, saya sudah berusaha untuk mengingatkan teman yang merokok tapi hasilnya juga tidak ada. Mau lapor? lapor sama siapa? wong satpam aja ga nampak..

Saya juga sebagai pengguna angkutan umum khusunya metromini / kopaja.. seringkali mendapat justru si sopir / kenek nya yang merokok.. lantas mau bagaimana? menegur? bisa2 di usir turun.

2x pula saya mendapati ada bau yang sangat kuat yang jelas2 ada orang yang baru saja merokok di toilet kantor, tentu saya tidak mempunyai bukti yang kuat, karena puntung rokok pasti akan langsung di flush ke toilet. yang sisa hanya bau dan debu di lantai. dan kita juga tidak bisa menuduh karena bisa saja si pelaku berkelit bahwa itu milik orang yang sebelumnya.

Saya hanya menghimbau :

1. Kesadaran dari hati sang perokok.. ingatlah bahwa di tempat itu juga banyak orang yang tidak merokok dan Anda paksa menjadi perokok pasif. di ruang terrutup dengan penyejuk udara.
2. Buat pemerintah .. mohon lebih di pertegas lagi sanksi nya, dilakukan penyuluhan atau sidak ke mall ke angkutan umum dan tempat2 lain yang memang telah dilarang untuk merokok. karena tanpa sanksi, banyak sekali yang akan menganggap peraturan tersebut hanya tulisan belaka.
3. Bagi pengelola mall, gedung mohon lebih  memperhatikan lagi, jangan pura2 tidak tahu.
4. Buat yang tidak merokok, atau perokok yang sadar diri, mohon berpatisipasi aktif dengan menegur atau mengingatkan teman / keluarga anda mengenai larangan tersebut.

Model hanya peraga saja..

Salam Sehat,

Patsky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: