My Work Space
Tempat / Meja kerja yang rapi dan teratur membuat saya berkonsentrasi dan semangat untuk bekerja.
Dari pk 7 pagi s/d pk 5 sore saya menghabiskan waktu saya disini, tentu saya harus menciptakan suasana yang menyenangkan agar dapat bekerja dengan hati yang gembira. ^-^
berikut adalah beberapa ide untuk menata meja kerja Anda, dapat disesuaikan dengan selera & kepribadian masing – masing, ditambah atau dikurangi 🙂
Warna
Saya sangat senang “bermain” dengan warna.. warna membuat saya lebih semangat, lebih mudah mengingat, warna membuat saya merasa bahwa tempat / meja kerja saya seperti sebuah Playground, lebih mudah menemukan lembaran penting, dsb
Mulai dari text marker (stabilo), Post-It, Folder, Ballpoint, hingga isi staples..
Saya juga membeli kertas HVS berwarna – warni, beberapa dokumen / arsip penting saya print dengan kertas warna – warni. sehingga saya dapat mencari dengan mudah dokumen / arsip yang dimaksud, berhubung pekerjaan saya melibatkan banyak kertas.
Saya juga menggunakan Post – It berwarna – warni untuk “menarik” perhatian atasan pada saat saya mengirimkan setumpuk dokumen untuk di approve.
Bersih
Secara berkala saya membersihkan meja kerja saya, kadang menggunakan tissue basah, atau menggunakan hand-sanitizer. Meja kerja yang berdebu dapat membuat kita mudah terkena penyakit, setidaknya bagi saya dapat menyebabkan bersin atau gatal.
Teratur / Terstruktur
Setiap bulan ratusan dokumen keuangan mengenai training budget yang harus dikelola, dari seluruh cabang perusahaan di Indonesia, juga termasuk dari seluruh karyawan dalam department yang sama. Tanpa pengaturan yang baik, tentu akan sulit untuk mencari dokumen yang mungkin dibutuhkan / ditanyakan kembali. Saya menggunakan bantuan Folder dan Index yang tepat. meletakan dokumen sesuai dengan jenisnya, ada pula yang harus dikategorikan menurut bulannya. Dokumen dari tahun sebelumnyapun saya simpan dengan rapi baik dilemari ataupun di bagian bawah meja.
Serba Ada
Yang paling penting adalah.. Saya selalu melengkapi alat – alat tulis di meja saya, mulai dari lem, gunting, cutter, staples (bahkan punya dua buah), paperclip, pensil, pulpen, penggaris, binder clip, dll… bahkan karet gelang..
Begipula dengan list penting, no telp penting, list extention dan list cabang. Untuk mencegah kertas tersebut hilang/ tercecer saya print diatas kertas berwarna / karton berwarna, saya rekatkan satu buah folder di partisi, lalu saya letakan semua kertas penting yang sering digunakan disana. (lihat gambar diatas, dibelakang laptop saya ada folder biru)
HAVE A NICE & FUN WORK SPACE
Mar 08, 2012 @ 20:30:22
pengen nyoba tapi agak susah jg krn meja kerjaku kecil 😦
Mar 13, 2012 @ 07:56:03
Hai Ajenk..justru karena kecil harus ditata.. biar rapi.. manfaatkan paper try dan box file 🙂 Selamat menata..